Taman Minimalis, Solusi Area Hijau di Lahan Terbatas


Taman Minimalis | Source Gambar: Kompas.com

Properti Proper  - Salah satu bagian rumah yang suka terabaikan adalah Taman depan rumah, keterbatasan lahan menyebabkan area yang satu ini kadang menjadi bagian yang tidak terlalu difikirkan.


Namun sebenarnya taman depan rumah bisa menjadi salah satu bagian untuk mempercantik rumah dan tentu saja salah satu cara untuk menjaga lingkungan.

Keterbatasan lahan yang terkadang menjadi momok, sebenarnya bisa teratasi dengan konsep taman minimalis, tidak perlu lahan yang luas taman tetap bisa dibuat seperti fungsinya dengan lahan yang terbatas dan tentu tetap terlihat cantik.

Sobat properti, kali ini properti proper akan memberikan tips inspirasi membuat taman minimalis pada lahan sempit, seperti apa tipsnya berikut selengkapnya:

1. Kesesuaian Luas Lahan dan Jenis Tanaman

Ini merupakan salah satu hal penting, pada luas lahan yang terbilang sempit usahakan memilih jenis tanaman yang sejenis, jangan memilih tanaman yang beragam warna dan bentuk karena akan menyebabkan pancaran kesemrawuta dan jauh dari konsep keindahan yang harmonis.

Untuk menghindari kesan semrawut, bisa dicoba dengan memilih tanaman yang memiliki keseragaman bentuk daun. Misalnya pada tanaman berdaun panjang bisa dipadukan dengan tanaman bertekstur tipis.

2. Membuat Taman di Lokasi Terpisah

Untuk rumah yang benar-benar hanya memiliki lahan kosong kecil di beberapa titik, bisa dicoba membuat taman di lokasi yang terpisah-pisah, misal di lahan sepetak bisa dibuat lahan berumput saja, kemudian lahan sepetak lainnya bisa dibuat lahan berumput dengan 1 jenis tanaman, dan di lahan sepetak lainnya bisa dibuat tanaman hias dalam pot.

3. Buat Lebih Vertikal

Keterbatasan lahan bisa diatasi dengan menonjolkan sisi vertikal di sekitarnya, salah satunya dengan membuat taman vertikal dengan memanfaatkan area dinding, kemudian bisa ditambahkan kursi dan meja agar lahan sempit memiliki fungsi lainnya sebagai taman minimalis sekaligus ruang duduk.

Comments